Sasaran & Strategi |
Tahapan Capaian | |||||||||
2014 |
2015- | 2020- | ||||||||
2019 | 2025 | |||||||||
Sasaran 1: Terlaksananya perkuliahan yang dinamis dan
berkualitas |
||||||||||
Strategi yang digunakan: | |||||
Menggunakan kurikulum berstandar Kompetensi | 65 | 70 | 95 | ||
Menggunakan kurikulum sesuai SN-PT | 0 | 40 | 85 | ||
Tersedianya RPKPS dan SAP untuk semua Mata kuliah serta panduan praktikum, pembimbingan dan penulisan skripsi |
65 |
70 |
90 |
||
Tersedianya bahan pustaka yang dilengkapi buku dan jurnal
nasional maupun internasional yang relevan untuk menunjang PBM |
75 |
80 |
100 |
||
Tersedianya laboratorium praktek pengolahan data untuk
membantu PBM |
70 |
75 |
95 |
||
Mengadakan kuliah tamu, dengan melibatkan alumni, para
pakar, kalangan swasta dan pemerintah yang berskala Nasional maupun Internasional |
70 |
80 |
95 |
||
Sasaran 2: Tercapainya durasi studi mahasiswa yang
lebih pendek dan berkualitas |
|||||
Strategi Pencapaian: | |||||
IPK mahasiswa ≥ 3 | 20 | 70 | 95 | ||
Durasi studi mahasiswa 4 tahun 3 bulan diatas 60% | 30 | 50 | 80 | ||
Memotivasi mahsiswa untuk tidak mendapat nilai C | 70 | 80 | 95 | ||
Pelaksanaan semester pendek | 50 | 70 | 100 | ||
Pelaksanaan seminar proposal secara terjadwal 2 kali/bulan | 40 | 70 | 100 | ||
Moneva pembelajaran secara reguler oleh tim TKS dibawah
koordinasi Tim penjaminan mutu |
40 |
60 |
90 |
||
Adanya mekanisme konsultasi dan diskusi antara mahasiswa
dan dosen secara reguler. |
70 |
80 |
100 |
||
Sasaran 3: Penguatan Kapasitas Dosen dan Mahasiswa | |||||
Strategi Pencapaian adalah: | |||||
Mengembangkan staf pendidik dalam jenjang pendidikan
Doktor (S3) |
31,1 |
55,3 |
90 |
||
Tercapainya seluruh dosen PS-EP yang memiliki sertifikasi
pendidik professional. |
70 |
92,1 |
100 |
||
Terbentuknya kelompok dosen sesuai bidang keahlian | 50 | 65 | 100 | ||
Penataan ruang kerja dosen PS-EP untuk melakukan aktifitas kerja dan melakukan pelayanan akademik |
50 |
75 |
100 |
||
Mengadakan pelatihan kewirausahaan mahasiswa dengan stakeholder dalam rangka meningkatkan kreatifitas di bidang pembangunan ekonomi. |
50 |
75 |
95 |
||
Mengadakan kerja praktek lapangan dengan instansi terkait atau stakeholder di bidang pembangunan ekonomi. |
40 |
75 |
90 |
||
Mengembangkan jaringan kerjasama dengan stakeholder. | 80 | 90 | 95 | ||
Mensosialisasikan kompetensi lulusan pada pasar kerja
secara berkelanjutan. |
50 |
70 |
85 |
||
Sasasaran 4: Terlaksananya kegiatan penelitian sebagai
pendukung dan penerapan bidang pembangunan ekonomi yang berbasis kepulauan. |
|||||
Strategi Pencapaian adalah : |
Meningkatnya jumlah penelitian melalui pembiayaan baik
bersifat kompetitif maupun non kompetitif yang didanai oleh DIPA Unpatti dan DIKTI |
50 |
65 |
70 |
||
Meningkatnya persentase keterlibatan dosen PS-EP dalam
berbagai penelitian di bidang pembangunan ekonomi berbasis kepulauan. |
50 |
65 |
90 |
||
Keterlibatan mahasiswa dalam berbagai penelitian Dosen PS- EP semakin meningkat dari waktu ke waktu. |
65 |
80 |
90 |
||
Publikasi hasil-hasil penelitian dosen sesuai bidang keahlian
rata-rata 2 publikasi /dosen /tahun, Nasional terakreditsi, maupun Internasional bereputasi |
65 |
80 |
90 |
||
Sasaran 5: Terlaksananya Pengabdian kepada
Masyarakat dan Kerjasama Profesional |
|||||
Strategi pencapaiannya adalah : | |||||
Peningkatan presentase kegiatan pengabdian dosen PS-EP
pada masyarakat |
40 |
70 |
80 |
||
Presentase keterlibatan dosen dalam bentuk kerjasama
professional lebih dari 40% |
40 |
60 |
90 |
||
Jumlah kontrak kerjasama rata-rata 3-4 kontrak per tahun baik
di tingkat lokal antar Kabupaten Kota, regional maupun internasional |
40 |
65 |
90 |
||
Sasaran 6: Penguatan Kapasiatas Jaringan Alumni dan
Pembinaan Mahasiswa |
|||||
Strategi yang dicapai adalah: | |||||
Penguatan pengembangan jaringan Alumni yang tersebar di
berbagai daerah. |
40 |
60 |
80 |
||
Terbangunnya komunikasi dan kerjasama yang baik dengan
Alumni PS-EP |
40 |
65 |
90 |
||
Tersedianya umpan balik mahasiswa terhadap pelaksanaan
proses belajar mengajar secara berkala. |
70 |
80 |
100 |
||
Peningkatan kualitas seleksi mahasiswa baru bertalian yang di esuaikan dengan rasio daya tampung. |
70 |
80 |
95 |
||
· Tersedianya mekanisme komunikasi yang baik untuk
membangun alumni PS-EP |
70 |
80 |
90 |
||
Terciptanya suasana akademik yag harmonis antara
mahasiswa, dosen, tenaga kependidikan dengan mengutamakan prinsip-prinsip etika. |
80 |
90 |
95 |
||
Terlaksananya seminar, lokakarya, bedah buku, penelitian
yang terlesenggara atas kerjasama alumni. |
40 |
65 |
90 |
||
Sasaran 7: Penguatan Kapasitas Manajeman Organisasi | |||||
Strategi Pencapaian adalah | |||||
Seluruh tenaga pendidik, tenaga kependidikan maupun
mahasiwa memahami dengan baik visi, misi dan tujuan PS- EP |
80 |
90 |
100 |
||
Mekanisme kepemimpinan PS dilakukan secara periodisasi dengan berpatokan pada kredibilitas, akuntabilitas, adi dan transparan dalam melaksnakan tanggung jawab. |
80 |
95 |
100 |
||
Implementasi Standar Operasional Prosedur baik untuk
pengelolaan akademik, keuangan maupun pengelolaan sarana dan prasarana dengan baik |
70 |
80 |
95 |
Terbentuknya kelompok dosen sesuai dengan bidang
keahlian. Membangun kerjasama dengan penjaminan mutu di tingkat Fakultas maupun Universitas. |
70 |
80 |
95 |
70 |
80 |
95 |
|
Implementasi semua prinsip manajemen, menjadi bagian penting dan tak terpisahkan dalam upaya pencapaian sasaran dan tujuan program tahunan PS-EP . |
60 |
80 |
90 |
Suasana akademik yang harmonis, antara civitas akdemik
PS-EP baik tenaga pendidik, tenaga kependidikan maupun |
70 |
86 |
100 |
mahasiswa. |